Akta Kelahiran Baru Untuk Transgender Cuma Ada di Negara Ini

Akta Kelahiran Baru Untuk Transgender Cuma Ada di Negara Ini

Sukarnya mendapatkan akses layanan publik bagi seorang transgender, tak bisa lepas dari stigma negatif terhadap kaum ini.

Namun, di negara Meksiko akses layanan publik berupa akta kelahiran baru diberikan untuk para transgender melalui Mahkamah Agung Meksiko.

Mahkamah Agung Meksiko meminta negara  bagian Jalisco Ugan memberikan akta kelahiran baru bagi penduduk setempat yang telah berganti nama dan jenis kelamin.

Keputusan itu merupakan langkah maju untuk persamaan hak di negara yang masyarakatnya konservatif.

Loading...

“Seperti yang juga dilakukan Mahkamah Agung pada kasus yang lain, setiap orang mempunyai hak untuk menetapkan jati diri gender dan tanggung jawab negara-lah untuk menjamin keputusan seperti itu, yang dinyatakan dalam dokumen berbeda, terutama untuk akta lahir,” demikian pernyataan MA.

Pengadilan mengatakan, seseorang, yang tidak disebutkan jati dirinya, dapat langsung meminta ke kantor catatan sipil suatu akta lahir baru, yang diajukan untuk data resmi dan prosedur birokrasi di Meksiko.

Pada Januari, pengadilan menetapkan aturan bagi pasangan sejenis untuk mempunyai hak jaminan sosial dari pasangannya yang meninggal setelah Lembaga Jaminan Sosial Meksiko menyatakan bahwa jaminan tersebut tidak bisa diberikan bagi pasangan homoseksual.

Sumber: Antara / Editor: Tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *