Aksi Aa Gym saat Cukur Rambut Jamaah Haji Tuai Pujian

Aksi Aa Gym saat Cukur Rambut Jamaah Haji Tuai Pujian

kawula.id – KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym melakukan aksi cukur rambut sejumlah jamaah haji Indonesia.

Dengan cekatan, Aa Gym mencukur habis rambut jamaah haji atau yang kita sebut sebagai tahallul.

“Ya inilah calon-calon yang akan dikurbankan rambutnya. Masya Allah,” seru Aa Gym lewat sebuah video di Instagram, Senin (12/8/2019) di mana Aa Gym memperlihatkan sejumlah jamaah haji yang sudah antri untuk dicukur rambutnya.

Sejumlah netizen pun memuji aksi cekatan Aa Gym memainkan pisau cukur.

“Waaaww AaGym yg nyukur dan semua antri untuk dpt giliran barakallah fiik,” seru akun @iisjusuf

Tahallul secara harfiah artinya dihalalkan. Tahallul disimbolkan dengan mencukur minimal 3 helai rambut. Tahallul adalah ritual penutup, di mana setelah selesai tahallul, selesai pula ibadah umrah atau haji kita, dan selesailah kondisi ihram.

Dikutip dari berbagai sumber, menggundul habis rambut kepala ketika haji dan umrah, ini termasuk yang diperintahkan. Hal itu diperintahkan oleh Allah dan Rasul-Nya, didukung dengan dalil Al-Quran dan Hadits serta ijma’ (kesepakatan) para ulama.

Allah Ta’ala berfirman:

لَتَدْخُلُنَّ الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ إنْ شَاءَ اللَّهُ آمِنِينَ مُحَلِّقِينَ رُءُوسَكُمْ وَمُقَصِّرِينَ لَا تَخَافُونَ

(Yaitu) bahwa sesungguhnya kamu pasti akan memasuki Masjidil Haram, insya Allah dalam keadaan aman, dengan mencukur rambut kepala dan mengguntingnya, sedang kamu tidak merasa takut.” (QS. Al Fath [48]: 27).

Telah ada hadits yang mutawatir dari Nabi Saw. bahwasanya beliau menggundul rambutnya saat haji dan umrahnya. Begitu pula hal ini dilakukan oleh para sahabat beliau.

Di antara mereka ada yang menggundul habis saat tahallul, ada pula yang memendekkannya. Namun menggundul habis saat tahallul lebih utama daripada memendekkan. Oleh karenanya Nabi Saw. mendoakan,

{ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُحَلِّقِينَ قَالُوا : يَا رَسُولَ اللَّهِ وَالْمُقَصِّرِينَ ؟ قَالَ : اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُحَلِّقِينَ قَالُوا : يَا رَسُولَ اللَّهِ وَالْمُقَصِّرِينَ ؟ قَالَ : اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُحَلِّقِينَ قَالُوا : يَا رَسُولَ اللَّهِ وَالْمُقَصِّرِينَ ؟ قَالَ : وَالْمُقَصِّرِينَ }

Ya Allah, ampunilah mereka yang menggundul habis.” Para sahabat berkata, “Wahai Rasulullah, bagaimana kalau cuma sekedar memendekkan?” Beliau masih bersabda, “Ya Allah, ampunilah mereka yang menggundul habis.” Para sahabat balik bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimana cuma sekedar memendekkan?” Beliau masih bersabda, “Ya Allah, ampunilah mereka yang menggundul habis.” Para sahabat kembali bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimana cuma sekedar memendekkan?” Baru beliau menjawab, “Dan juga bagi yang memendekkan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Wallahu A’lam bish Shawab..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *