5 Pesepakbola yang Pernah Berkostum Brescia

5 Pesepakbola yang Pernah Berkostum Brescia

Brescia akhirnya kembali ke kasta tertinggi Liga Italia Serie A musim 2019/2020. Brescia sukses mengumpulkan 67 poin terpaut satu poin dari rivalnya Lecce yang mengoleksi 66 poin dan bertengger di posisi kedua klasemen Serie B.

Mengikuti jejak Parma yang lebih dulu promosi ke Serie A tahun lalu, bisa dipastikan Liga Italia musim depan jauh lebih menarik. Sebab selain dibidani Eugenio Corini, Brescia juga memiliki gelandang muda berbakat, Sandro Tonali dan penyerang tajam Alfredo Donnarumma.

Merayakan kembalinya Brescia ke Serie A, tak ada salahnya kita kembali bernostalgia legenda sepakbola yang pernah berkarier di Serie A dan mengenakan kostum Brescia.

5 Legenda Sepakbola yang Pernah Membela Brescia

Gheorghe Hagi

George Haji | foto: istimewa

Pemain legendaris dari Rumania ini tercatat pernah membela Brescia selama dua musim dari 1992 sampai 1994. Dijuluki “Maradona dari Carpathia”, Gheorghe Hagi mengukir karier manis bersama Brescia sebelum akhirnya hijrah ke klub yang lebih besar, Barcelona. Uniknya, sebelum ke Brescia, Hagi lebih dulu membela panji Real Madrid.

Roberto Baggio

Roberto Baggio | foto: istimewa

Pemain flamboyan dan ikonik kesayangan Italia ini memang menjadikan Brescia sebagai pelabuhan terakhirnya sebagai pemain profesional. Bersama Roberto Baggio, Brescia tak pernah terdegradasi dari Serie A. Mantan bintang Inter Milan ini mampu catatkan 95 penampilan bersama Brescia.

Pensiun pada akhir musim 2003/2004, Brescia akhirnya melepas pesepakbola yang terkenal dengan gaya rambut kuncir kudanya ini dengan mengharu biru.

Andrea Pirlo

Andrea Pirlo | foto: Istimewa

Andrea Pirlo adalah maestro lini tengah sepakbola pada masanya. Meski kini telah pensiun, pada masa jayanya, tak ada yang mampu mendekati kemampuan bermain Pirlo yang dikenal sebagai deep-lying playmaker terbaik kala itu. Bersama Brescia sendiri, eks pemain AC Milan ini menjuarai Serie B musim 1996/1997.

Selain itu, Pirlo juga sempat mencicipi membela panji La Leonessa bersama dengan sang kapten legendaris sekaligus ikon sepakbola Italia, Roberto Baggio. Kini, ada nama Sandro Tonali di Brescia masa kini yang disebut-sebut sebagai pewaris takhta gelandang elegan ala Pirlo.

Pep Guardiola

Guardiola | foto: istimewa

Sebelum menjelma menjadi manajer kelas dunia di dunia kepelatihan, Pep Guardiola sempat menghabiskan karier di usia senjanya bersama Brescia. Kala itu, ia didatangkan ke Brescia untuk menggantikan Pirlo yang telah hengkang. Bersama Carlo Mazzone dan Roberto Baggio serta Luca Toni, Guardiola sempat menjadi kapten di Brescia namun kariernya tak lama di klub ini pada 2003 karena sempat tersandung kasus penggunaan zat terlarang.

Luca Toni

Luca Toni | foto: Istimewa

Luca Toni adalah salah satu penyerang terbaik Italia pada masanya dan telah mencetak lebih dari 300 gol sepanjang kariernya bersama 17 klub profesional.

Pensiun beberapa musim lalu, Toni sempat membela panji Brescia bersama Baggio dan Guardiola serta mencatatkan 15 gol bersama La Leonessa.

Itu tadi 5 megabintang sepakbola yang pernah berkostum Brescia. Dari kelima pemain ini, yang mana pemain favoritmu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *