5 Freelancer Ini Jadi Buruan saat Musim Nikah

Ilustrasi (pix abay)

Freelancer (pekerja lepas) merupakan jalan lain bagi orang-orang yang tidak ingin terikat dengan aturan baku di dalam perusahaan. Oleh karena itu, tak jarang freelancer lebih memilih job (pekerjaan) sesuai dengan passion mereka. 

Pada dasarnya menjadi freelancer itu tidak semudah yang dibayangkan. Seorang freelancer setidaknya menguasai seluk-beluk bidang yang mereka tekuni. Dengan demikian, penilaian positif klien terhadap freelancer menjadi barometer bagi klien-klien berikutnya. 

Omong-omong soal freelancer tidak ubahnya membicarakan bidang pekerjaan freelancer itu sendiri. Sebagaimana kita tahu, banyak orang yang mencari pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan. Namun sedikit yang menyadari, jika 5 pekerjaan sampingan ini selalu diburu saat musim kawin. 

5 Pekerjaan Sampingan Ini Paling Banjir Job saat Musim Kawin

 

1. Jasa Rias Pengantin

Semua pengantin baik mempelai pria dan wanita pasti mau tampil cantik dan ganteng saat hari sakral mereka. Untuk memenuhi keinginan tersebut jasa perias pengantin sangat dibutuhkan. Jadi, buat kamu yang menekuni pekerjaan sampingan ini, pasti bakal kebanjiran job saat musim nikah. 

Upah sekali merias lumayan banget, bisa ratusan ribu bahkan sampai jutaan! Apalagi punya portfolio yang membuktikan kalau kamu memang perias yang andal, pelanggan pasti gak bakal mikir-mikir buat bayar lebih. 

2. Fotografer lepas 

Jasa fotografer lepas bakal dibutuhkan banget saat musim nikah. Tujuannya tentu saja untuk mengabadikan setiap momen di acara sakral tersebut. Mereka bakal dibutuhkan saat pemotretan pra-nikah, nikah, sampai acara resepsi pernikahan yang mewah. 

Pekerjaan sampingan sebagai fotografer lepas memiliki waktu yang lebih fleksibel dan gak mengganggu jam-jam kerja kantoran. Karena rata-rata orang nikahan atau foto pra-nikah dilaksanakan setiap hari libur di akhir pekan. 

Bayarannya bisa sampai jutaan lho, tergantung dari paket apa yang dipilih. Rata-rata untuk foto  pra-nikah sekitar Rp 2 juta sampai Rp 5 juta, sedangkan pas acara resepsinya, bisa Rp 3 jutaan ke atas! 

 

3. Videografer lepas

Sekarang zamannya gak cuma foto doang, tapi pakai video juga. Untuk profesi yang ini biasanya jadi satu dengan fotografer, tapi ada juga yang hanya menyediakan jasa video. 

Sebagai pengantin, gak perlu repot-repot ngatur angel video atau edit videonya sedramatis mungkin, cukup bayar jasa videografer, output yang diterima sudah dalam bentuk video utuh yang berisikan momen-momen sakral tersebut. 

 

4. Pewara (Pembawa Acara) 

Pewara bakal membuat alur pernikahan tertata dan meriah tentunya, jadi sangat pekerjaan sampingan yang satu ini bakal dibutuhkan banget saat musim nikah tiba. 

Terjun ke kerjaan sampingan ini juga gak butuh modal kok, tapi butuh skill berbicara dan bisa mengendalikan suasana di dalam acara. Kalau acaranya nikahan, berarti MC harus bisa membangun suasana yang akrab, hangat, dan penuh kekeluargaan. Bayaran sebagai MC juga bisa mencapai jutaan rupiah per acara. 

 

5. Band atau organ tunggal 

Untuk menambah suasana akrab dan sakral, biasanya nikahan memerlukan bantuan band atau organ tunggal. Tugasnya adalah memainkan lagu-lagu romantis disesuaikan dengan suasana dan sesuai permintaan dari pengantin. 

Oleh karenanya, jasa penghibur yang satu ini bakal dicari-cari banget saat musim nikah. Kan gak mungkin acara resepsi nikahan tapi gak ada hiburan, bakal sepi banget dong acaranya.

Itulah lima pekerjaan sampingan yang bakal ramai saat musim nikahan. Semoga bisa menjadi referensi buat kamu-kamu yang memiliki bakat, tapi bingung mau ke mana menyalurkannya. 







[Ikuti Terus Kawula.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar