3 Menu Takjil Terfavorit di Pekanbaru

3 Menu Takjil Terfavorit di Pekanbaru
Loading...

Bulan puasa tinggal menghitung hari. Sebagai umat muslim, sudah selayaknya kita menyambut bulan penuh berkah rahmat dan ampunan ini dengan penuh rasa syukur.

Bahkan suasa bulan puasa, sudah bisa kita rasakan melalui iklan-iklan yang berseliweran di televisi jelang Ramadhan tiba.

Berkenaan dengan bulan puasa, tentu tak jauh-jauh dengan yang namanya berbuka dan sahur.

Nah, pada kesempatan kali ini, Kawula ID akan menyajikan makanan buka puasa yang umumnya menjadi pilihan warga Kota Pekanbaru. Apa saja? Yuk simak!

1.Sala Lauak

Sala lauak

Warga Pekanbaru tentu sudah hafal benar dengan nama makanan yang satu ini. Sala lauak seringkali menjadi menu pembuka di bulan puasa. Makanan yang berasal dari ranah Minang ini termasuk makanan yang mudah ditemukan.

Tak hanya di bulan puasa. Di hari-hari biasa pun kita masih bisa menemukan camilan paling ‘legend’ dan bersahabat ini. Masalah harga, jangan ditanya. Sala lauak selain mudah didapat harganya cukup terjangkau.

Sala lauak termasuk jajanan murah meriah yang digemari masyarakat Pekanbaru. Sala lauak merupakan hidangan berbentuk gumpalan seperti baso yang terbuat dari adonan daging ikan yang dihaluskan, dicampur tepung, dan digoreng.

Kalau dikonsumsi sala lauak memiliki citarasa yang dominan asin dengan aroma rempah berasal dari beberapa jenis bumbu yang ditambahkan didalamnya.

2.Lamang Tapai

lamang tapai

Nah, selain sala lauak ada lamang tapai. Lamang tapai termasuk jajanan rakyat alias makanan tradisional. Tak hanya di bulan puasa kamu bisa menemukan lamang tapai. Hari biasa pun kamu bisa menemukan penjual lamang tapi di sepanjang pinggiran Jalan Jenderal Sudirman (arah ke MTQ).

Di bulan puasa, biasanya lamang tapai dapat kamu bawa pulang dengan membayar Rp5.000/potong, dan tapai ketan hitam Rp5.000/bungkus. Perbedaanya, di bulan puasa porsinya lebih kecil.

Soal rasa,lama tapai tiada duanya. Bayangkan saja, proses pembuatannya saja menggunkan bambu sebagai medianya. Makanan enak satu ini, bisa disantap dengan durian bahkan rendang untuk merasakan sekaligus menikmatinya.

3.Kue Lupis

kue lupis

Rasa manis yang legit membuat makanan ini diburu untuk berbuka puasa. Kepopulerannya sudah dalam level nasional, hampir di setiap daerah ada.

Teksturnya kenyal dan lembut karena bahan utamanya merupakan ketan putih. Umumnya berbentuk segitiga dan berwarna hijau, setelah itu dibungkus dengan daun pisang.

Jika akan dihidangkan, jangan lupa disiram dengan kuah gula merah dan juga taburan kepala parut di atas kue lupis.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *