2 Orang Meninggal dalam Banjir yang Rendam 7 Desa di Tapanuli Tengah

Banjir di Tapanuli Tengah. (Foto: via Elshinta.com)

Pada Rabu (29/1/2020) dini hari pukul 01.00 WIB, tujuh desa di Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara terendam banjir. Akibatnya, dua orang meninggal dunia, 22 luka-luka, dan 700 kepala keluarga terdampak banjir.

"BPBD Kabupaten Tapanuli Tengah memastikan 2 orang meninggal dunia," ucap Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Agus Wibowo, Rabu (29/1/2020), dikutip dari CNNIndonesia.

Ketujuh desa itu meliputi Desa Kampung Mudik, Desa Pasar Terandam, Desa Bungo Tanjung, Desa Kinali, Desa Ujung Batu, Kelurahan Batu Gerigis, dan Kelurahan Padang Masiang. Ditambahkannya, banjir dipicu oleh intensitas hujan yang tinggi sehingga merendam tujuh desa. Adapun tinggi muka air terpantau sekitar 2-2,5 meter.

Tim pun hingga kini sudah mengevakuasi warga yang terdampak ke posko pengungsian BPBD Tapanuli Tengah dibantu unsur terkait, seperti Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, dan Basarnas. Sementara itu, mengenai pembagian tugas dan fungsi selama tanggap darurat, BPBD Kabupaten Tapanuli Tengah sudah mendirikan tenda pengungsian, Dinas Sosial membuka dapur umum, Dinas Kesehatan membuka posko kesehatan darurat dan memberi pertolongan pertama kepada korban luka, sementara Basarnas melakukan pencarian terhadap korban yang diduga hilang.

Di samping itu, BPBD Kabupaten Tapanuli Tengah juga berkoordinasi dengan BPBD Provinsi, TNI Polri, SAR dan instansi terkait lainnya. Disampaikannya, BPBD Kabupaten Tapanuli Tengah sudah membuat SK Tanggap Darurat selama tujuh hari terhitung sejak 29 Januari 2020. Adapun SK itu akan segera ditandatangani oleh Bupati Tapanuli Tengah. Soal kendala di lapangan saat ini, imbuhnya, yakni minimnya alat untuk mengevakuasi korban serta ada empat kecamatan yang terdampak banjir.

"Kebutuhan mendesak kendaraan roda empat untuk evakuasi korban dan perahu karet," tuntasnya.(but)







[Ikuti Terus Kawula.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar