15 Menu Ini Selalu Jadi Favorit di Bulan Ramadhan

15 Menu Ini Selalu Jadi Favorit di Bulan Ramadhan

Selama bulan Ramadhan atau puasa, suguhan berbuka yang terhidang di meja makan terasa lebih istimewa, apalagi ditambah dengan kehangatan seluruh keluarga yang berkumpul.

Biasanya adalah tugas Ibu untuk menentukan menu-menu makanan yang akan disantap oleh seluruh anggota keluarga, dan sering juga Ibu merasa bingung untuk menentukan menu-menu tersebut.

Berikut ini adalah daftar makanan favorit di bulan puasa dari tahun ke tahun yang cukup praktis untuk dibuat, dapat dijadikan inspirasi untuk Ibu di bulan yang penuh berkah ini.

1. Sayur Asem

Adalah salah satu masakan Indonesia yang sederhana namun rasanya nikmat dan banyak digemari. Bahan-bahan untuk sayur Asem ini sangat mudah ditemukan, dan membuatnya pun tidak susah. Sayur Asem merupakan salah satu hidangan yang digemari untuk berbuka.

2. Soto

Makanan berkuah yang satu ini memang paling banyak digemari. Tambahkan Kecap Bango ke dalam semangkok Soto yang masih hangat, untuk menambah kenikmatan rasanya.

3. Sayur Bening

Satu lagi menu makanan yang sangat praktis untuk dibuat. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah Bayam, Jagung, bumbu rempah, Bawang Merah, Bawang Putih, Garam, Gula dan Merica, simple kan?

4. Sayur Lodeh

Sama dengan Sayur Bening, Sayur Lodeh ini juga sangat praktis dibuatnya, bahan-bahannya pun mudah untuk ditemukan di pasar-pasar tradisional. Kombinasikan dengan tempe goreng, supaya santapan berbuka menjadi lebih nikmat.

5. Sayur Sop

Menu makanan yang kaya dengan gizi karena berisi berbagai jenis sayuran ini sangat cocok untuk disajikan setelah berbuka puasa. Untuk membuatnya semakin menarik & menggugah selera, tambahkan dengan ayam, makaroni atau sosis.

6. Ayam Goreng Kremes

Kalau Amerika memiliki ayam goreng tepung, Indonesia tidak kalah dengan ayam goreng kremesnya. Disantap dengan nasi panas dan sambal, dijamin waktu berbuka Anda bersama keluarga akan lebih nikmat dan menyenangkan!

7. Perkedel Kentang

Walaupun perkedel adalah makanan khas Belanda, tetapi di Indonesia, perkedel sudah menjadi salah satu makanan favorit yang sering tersaji di meja makan. Biasanya perkedel kentang akan lebih nikmat jikalau dicampur dengan daging cincang.

8. Bakwan Goreng

Sahabat dari masakan sayur berkuah ini memang banyak digemari. Olahannya dapat dikreasikan dengan sayuran dan udang. Mengingat cara membuatnya yang praktis, bakwan dapat dijadikan salah satu pilihan untuk melengkapi menu setelah berbuka.

9. Tahu Telur

Makanan khas Jawa Timur ini akan pas jika disajikan bersama dengan oseng-oseng sayur untuk menu berbuka puasa. Jangan lupa untuk memilih bumbu Petis yang masih segar ya!

10. Rolade

Ini dia salah satu makanan yang banyak digemari. Isiannya pun dapat dibuat bermacam macam, dari tahu atau sayuran sampai dengan ayam atau ikan. Pasti si kecil akan suka!

11. Es Sop Buah

Ini merupakan santapan yang paling banyak ditemui untuk berbuka. Tidak ada salah untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah.

12. Bubur Sumsum

Bubur santan dengan siraman gula merah, sajian manis selepas Adzan Maghrib, setujukan?

13. Es Blewah

Tidak lengkap rasanya jika di Bulan Ramadhan tidak menyantap Es Blewah untuk berbuka. Rasanya yang segar akan langsung menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa.

14. Es Kelapa Muda

Sama halnya dengan Es Blewah, minuman yang menyegarkan ini juga menjadi salah satu yang paling banyak dicari ketika berbuka. Mengingat banyaknya pedagang kelapa di bulan Ramadhan, suguhan Es Kelapa Muda kreasi Ibu pasti akan lebih menyehatkan untuk seluruh keluarga.

15. Bubur Biji Salak

Berbahan dasar Ubi, Bubur Biji Salak ini juga merupakan makanan khas ketika bulan Ramadhan, dan merupakan salah satu bubur favorit orang Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *